• info@rsmramata.com
  • 0361 9069009

Gangguan Saraf Mata Oleh Karena Penyakit Metabolik

Apa itu Penyakit Metabolik?

Suatu Kondisi seperti meningkatnya tekanan darah, tingginya gula darah, meningkatnya kolesterol, kelebihan lemak disekitar pinggang dan perut yang meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung, stroke dan kencing manis.


Bagaimana penyakit metabolik bisa menyebabkan gangguan pada saraf?

Pada pasien yang memiliki kondisi seperti meningkatnya tekanan darah, tingginya gula darah, meningkatnya kolesterol, kelebihan lemak disekitar pinggang dan perut dapat menyebabkan gangguan pada saraf mata. Ini karena saraf mata tidak mendapatkan asupan makanan dari aliran darah  yang mengalir ke saraf mata sehingga terjadi gangguan yang disebut “iskemik”.


Bagaimana Gejalanya?

  • Pengelihatan kabur  mendadak
  • Sebagian pandangan hilang atau gelap


Apa yang harus diperhatikan?

Pada orang orang yang mengalami gangguan metabolik seperti meningkatnya tekanan darah, tingginya gula darah, meningkatnya kolesterol, kelebihan lemak disekitar pinggang dan perut ataupun yang sudah menderita penyakit jantung, stroke dan kencing manis tidak ada salahnya memeriksakan diri dan melaukukan pemeriksaan tekanan darah, gula darah dan kolesterol secara rutin.  Sehingga gangguan pada saraf mata bisa dicegah. Bila sudah mengalami gangguan sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter mata agar dapat dilakukan penanganan secara bersama-sama dengan dokter spesialis balian lain. 


Bagaimana bila saya mengalami gejala diatas tanpa tahu bahwa saya mengalami penyakit metabolik?

Bila seseorang mengalami keluhan Pengelihatan kabur  mendadak atau sebagian pandangan hilang atau gelap sebaiknya segera memriksakan diri ke dokter mata. Kami akan melakukan pemeriksaan mata serta pemeriksaan penunjang ( gula darah dan kolesterol) dimana bila terdapat gangguan agar dapat dilakukan penanganan yang segera oleh dokter lainnya. 


Apakah bila mengalami gangguan saraf mata pengelihatan bisa kembali seperti semula?

Ini sangat tergantung dari seberapa parah gangguan saraf yang ditimbulkan serta faktor penyebabnya. Memeriksakan diri sesegera mungkin adalah jawaban yang paling tepat. Bila pada satu mata sudah terjadi gangguan setidaknya kita dapat mencegah agar mata sebelahnya tidak terjadi gangguan. Tetap diperlukan penanganan dari bidang mata dan dokter lainnya seperti dokter Penyakit Dalam dan dokter Saraf.